Bagi sebagian orang bikin web sendiri menjadi tantangan tersendiri karena selain bisa hemat budget juga perlu ilmu design dan pengembangan , sedangkan sebagian lagi yang punya duit lebih, mereka lebih suka mengeluarkan budget untuk buat website oleh pihak ketiga dengan biaya jutaan rupiah karena mereka sadar bahwa website bisa menjadi legacynya di dunia maya. Dan sisa nya memilih cuma bisa akses keluar masuk website orang dan sebagai media belanja belenji đŸ˜€

Ternyata bikin website sendiri ini mengasikkan. Cara nya gampang banget. Sudah ada tutorial yang bisa diikuti langkah demi langkah. Karena banyak cara membuat website termasuk website tidak berbayar/gratisan namun cara yang akan di-sharing di sini adalah cara membuat website berbayar dgn domain nama sesuai kita mau dan full punya kita dan bisa kita buat sesuka-suka kita. Wong itu rumah kita… jadi bebas kita mau isi apa selama contentnya  ga yang aneh2 ya… jangan sampai ke jeret Keminfo terus di banned. Untuk yang mencari website gratisan, silahkan saja. Ga ada yang larang kok.

Cara nya gini:

  1. Rencanakan nama domain kita apa yg kita pikir cocok dgn maunya kita. Apa aja. Bisa nama kita, nama anak, nama toko online, nama tempat, pokokknya apa aja yg memang kamu mau.
  2. Terus cari nama domain itu di Dewaweb.com, salah satu penyedia domain. O iya Domain itu ibarat alamat kita rumah kita yah, terus kan kalau rumah itu pasti perlu ada isinya, berapa luasnya, bisa muat apa aja isinya.. nah itu namanya hosting. Jadi untuk membuat website, kita perlu punya domain + hosting. Nah Dewaweb.com punya promo, sebagai penyedia hosting sekaligus domain. Promonya, kalo beli hosting bisa dapet domain gratis. Ibaratnya kita cuma bayar sewa tempat aja, yaitu sewa posting. Harganya juga ga mahal, 300rb an per tahun, atau 25rb sebulan, Itu seharga 1 mangkok bakmi bakso plus teh botol kali ya. Yang mau cek dulu nama domain tersedia atau ngganya, bisa cek langsung ke Dewaweb.com. Cepet kok aktifnya. Abis order–>Bayar online/Transfer–> Dapet email notifikasi aktif dan kita langsung dikasih petunjuk dan akses kemana utk setting berikutnya.
  3. Kalau sudah punya domain dan hosting. Nanti dikasih tau lagkah2 nya. Kalo berasa ribet, bisa kerjain bareng, banyak komunitas yang bisa sharing yang  sangat membantu dan kasih tahu gimana cara bikin website.

So simple, kalo dikerjain fokus, ga sampe 30  menit website kita dah jadi untuk buat sampe bisa diakses. Yang sudah ahli, ada yang meng-claim, cuma perlu 5 menit, web jadi. Tapi maafkeun ilmunya disini belum sampe situ keknya. Yang perlu waktu adalah mengisi websitenya. Nah ini memang perlu direncanakan dengan baik apa ayang akan diisikan ketika kita sudah punya website. Misal apakah website mau dijadikan Toko Online, atau hanya sebagai blogging, website komersial, pemasaran affiliasi dan laln-lain. Apapun bisa dibuat, bebas sesuai kreatifitas kita , dan kita perlu konsisten rutin posting ya. Kita jadi PR semua pemilik website, kecuali dia suka menulis atau memang sudah ada admin yang handle :D.

Oya, gimana dengan website yang gratisan? yuk cek di posting ini.

So simple, always happy life…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *