Mengurus Surat Roya Sendiri di BPN Cibinong Bogor. Puas Sama Pelayanannya.

Ada yang lagi nyicil properti ke Bank, semacam KPR atau KPA ??? Biasanya nyicil ke bank dalam kurun waktu tahunan. Nah pas selesai cicilan terakhir dan kita dikasih surat lunas dari bank beserta sertifikat asli nya, ternyata ga selesai sampai disitu urusan tetek bengek surat menyuratnya. Saat serah terima dari bank ke kita, bank menyerahlan surat Roya, yaitu surat pernyataan dari bank bahwa kita sudah menlunasi cicilan kita dan tidak ada tanggungan dari pihak bank ke kita sebagai kreditur. Dan kta sebagai kreditur juga dibebaskan dari hutang piutang terkait dgn kepemilikan properti kita. Surat Roya diperlukan karena kita harus meng-koreksi sertifikat asli dgn keterangan yg dimaksud. Nah report nya kita harus mengurus sendiri ke kantor BPN utk meng-koreksi an itu. Karena lagi idle, iseng urus sendiri ke kantor BPN Cibinong karena properti yg mau di urus masuk ke wilayah Bogor. Karena kebayang bakal ribet ngurus sendiri, sehari sebelumnya sempetin mampir ke kantor BPN Cibinong jalan Tegar Beriman, CIbinong Bogor. Biar ga nyasar, pasang apps Waze. Dijamin nyampe, Insha Allah. Pas masuk ke ruang pelayanan jam 10.30 disambut sama petugas cantik yang jaga depan pintu masuk. Ruangan berasa lumayan dingin walau tamu yg nunggu sudah banyak. Dari petugas di infokan kaalau kita mau urus surat Roya atau surat lainnya ke BPN ini, harus ambil nomor antrian ygn dibuka cuma sampai jam 11 siang. Setelah itu tidak akan diterima lagi pelayanan baru, paling besok hari baik lagi dan daftar sebelum jam 11. Terus kita juga diminta beli map formulir surat roya di koperasi yang ada di belakang kantor seharga 10 ribu. Didalamnya lengkap ada prosedur dan cara2 pengurusan. OK, nice. So far so good.

Pulang ke rumah, formulir diisi dan dilengkapi dokumen2nya, spt KTP, sertifikat asli, surat roya. Kalau yg urus orang lain harus dibuat surat kuasa dgn format yg sdh disiapkan dalam map surat roya. Esok harinya sebelum jam 11 sudah tiba di kantor BPN cibinong, dapet nomor antri dan nunggu dipanggil kira2 1 jam kemudian. Saat dipanggil antrian melalui speaker, di meja petugas semua berkas diperiksa, bila OK semua, lanjut kita diminta bayar biayanya yang sudah ditentukan mereka dan bayar melalui bank BRI atau bank BJB. Surprise banget, ternyata biasa nya 50 ribu saja. Wow, padahal kalo minta urus sama notaris lumayan juga bisa buat beli bakso ber-mangkok2 😀

Buat pembayaran, kalo punya akun BRI, bisa langung transfer via ATM di kantor BPN. Berhubung ga punya, terpaksa jalan sedikti ke kantor Bapenda Bogor di gedung sebelah. Bayar via teller di bank BJB. Setelah bayar, kita harus balik lagi ke meja yang tadi ngelayanin kita dan meyerahkan bukti bayar, terus kita dikasih surat untuk pengambilan sertifikat yang sudah dikoreksi. KIta diminta kembali 2 minggu lagi untuk ambil sertifikat.

Wowo mantabbbb… pengurusan ke kantor BPN cuma 3 jam-an, dah beres bisa pulang. Petugasnya juga ramah2 dan OK banget, walau agak tegang takut dipersulit atau salah bawa atau kurang dokumen, But it’s excellent. Saya satisfied bingiittttt….. Good jobs!! Ga bikin kapok urus surat-surat lainnya, Semoga bisa lancar kayak gini.

Happy life…smile

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *