Dalam Bahasa Indonesia, Franchise adalah waralaba. Wara = lebih, laba = untung. Bisnis franchise adalah usaha mengharapkan keuntungan lebih. Apa itu franchise dan bagaimana skema bisnisnya yang berlaku di Indonesia? Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. itu Master Franchise?

Di dunia franchise dikenal istilah franchisor atau pemberi waralaba. Franchisor adalah orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba. Sedangkan istilah franchisee adalah penerima waralaba. Franchisee merupakan orang perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh pemberi waralaba untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimiliki. Untuk bisa mendapatkan hak waralaba, maka franchisee atau penerima waralaba harus membayar sejumlah uang yang disebut dengan franchise fee. Penerima lama biasanya dikenakann biaya-biaya lain juga seperti biaya royalty yang dibayarkan tiap periode tertentu, biaya pembelian bahan baku produk yang di franchise-kan, serta yang tidak kalah pentingnya adalah biaya penggajian karyawan yang mengoperasikan, bahkan biaya sewa tempat, akanmenjadi tanggung jawab/beban si penerima waralaba.

Di langsir dari finasialku,com . Apakah Anda tahu jika waralaba seperti McD, KFC, Pizza Hut, Domino Pizza Indonesia dikembangkan oleh perusahaan lokal Indonesia? Perusahaan lokal tersebut boleh dibilang adalah perpanjangan tangan dari pemilik waralaba. Merekalah yang dikenal dengan master franchise. Jadi jika Anda ingin membeli waralaba McD, Anda dapat menghubungi perusahaan master franchise McD di Indonesia.

Master franchise adalah salah satu bentuk hubungan bisnis antara pemilik waralaba (franchisor) dan orang yang akan membeli waralaba (franchisee). Master franchisee boleh dibilang sebagai mini- franchisor untuk wilayah tertentu. Jadi dalam areanya, master franchise akan merekrut, melakukan pelatihan dan menyediakan layanan berkelanjutan kepada pembeli waralaba (franchisee).

Sebagai imbalannya, Master franchisee mendapatkan persentase dari initial franchise fee (fee waralaba di awal) dan royalty.

Master
franchise – Wikipedia

master franchise is a franchise relationship in which the owner of the franchise brand
(the master franchisor) grants to another party the right to recruit new
franchisees in a specific area. In exchange, the other party typically pays
some price as well as agreeing to take on some or all of the responsibility to
train and support new franchisees in their area.

What is a
Master Franchisee?
– Purchasing a Franchise – Entrepreneur.com

Ever wonder how franchisees interact with their franchisor? Most franchises choose one of two ways for providing sales and support services to franchisees: directly by the franchise company to the individual franchisees (known as direct
franchising) or via a master franchisee.

                                                                        ——oOo——

Namun perlu dipahami bahwa menjadi pemegang waralaba membutuhkan modal yang tidak sediki. Biasanya master franchise di Indonesia dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki pengalaman bisnis, infrastruktur, kemampuan di penjualan, pemasaran dan keuangan.

Ada banyak sekali perusahaan waralaba yang belum masuk ke Indonesia. Jika memang Anda tertarik dengan menjadi master franchise, Anda dapat menghadiri acara pameran franchise internasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *